Apa Itu Collocation? Apa Bedanya dengan Slang dan Idiom?

Apa-Itu-Collocation-Apa-Bedanya-dengan-Slang-dan-Idiom


Collocation adalah salah satu hal penting dalam karya linguistik. Collocation ini berbeda dengan sland dan idiom meskipun kelihatannya sama. Kalau Anda baru mempelajari grammar bahasa Inggris, maka pastikan jika Anda memahami apa yang membuat ketiganya berbeda.

Slang, idiom dan collocation menjadi tiga istilah yang hampir sama namun tentu saja dengan makna yang berbeda. Nah, untuk memahami apa perbedaan dari ketiganya, maka pelajari pengertian dan contohnya di sini.

Beda Collocation, Slang dan Idiom

1. Collocation

Collocation adalah adalah kumpulan dari dua kata atau lebih yang disatukan dan menciptakan sebuah arti atau makna tertentu. Menggunakan kombinasi kata yang berbeda mungkin terdengar tidak wajar atau aneh ketika didengarkan, namun ada beberapa collocaation yang umum.

Meskipun kebanyakan non native merasa asing dengan collocation, namun sebenarnya banyak frasa collocation muncul dan menjadi hal biasa dalam bahasa Inggris. Contoh collocation adalah deep sleep yang terdiri dari Adjective + Noun. Jika diartikan adalah tidur nyenyak.

2. Idiom

Idiom adalah jenis bahasa kiasan yang kuat. Idiom mngekspresikan ide atau konsep dan dapat membuat sesuatu yang kompleks atau abstrak dengan beberapa pilihan kata. Makna metaforis atau kiasan idiom mengharuskan pembaca untuk beralih dari pemikiran literal ke abstrak.

Idiom membuat perhatian seseorang terfokus pada teks ketika mereka mencoba untuk menguraikan apa yang dikatakan. Idiom dapat membangkitkan citra visual tertentu. Contoh kalimat idiom dalam bahasa Inggris dan artinya yang sering digunakan kebanyakan orang adalah It’s raining cats and dogs yang diartikan adalah hujan turun sangat deras.

3. Slang

Slang menjadi bahasa gaul dan umumnya digunakan di percakapan anak muda dengan menggunakan bahasa Inggris. Idiom dan slang memiliki sedikit persamaan karena selalu digunakan dalam setiap percakapan.

Namun, slang hanya terdiri dari satu kata saja, sementara idiom tidak. Slang antara satu daerah dengan daerah lain juga berbeda tergantung pada budaya yang mengikuti. Contoh slang sendiri adalah flex yang jika diartikan adalah pamer.

Paham ya collocation adalah apa dan bedanya dengan idiom dan slang. Jika masih belum paham, learn with EF, yuk! Asah skill berbahasa Inggris bersama EF!

Posting Komentar

0 Komentar