6 Karakteristik Fitur e-Bupot yang Mempermudah Wajib Pajak


Masyarakat Indonesia, khususnya bagi para wajib pajak, kini mendapatkan kemudahan pelaporan pajak dan pembuatan bupot. Tak perlu lagi membuat langsung ke KPP dan mengantre untuk melakukan hal tersebut. DJP telah merilis layanan e-bupot yang bisa digunakan para wajib pajak untuk membuat bukti potong dan melaporkan SPT.

Karakteristik Layanan

Fitur ini langsung populer begitu dirilis ke publik. Banyak masyarakat terutama wajib pajak yang ingin mencoba fitur ini dan membuktikan sendiri bahwa memang fitur bupot elektronik bisa sangat bermanfaat. Berikut ini adalah 6 karakteristik layanan bupot elektronik yang penting untuk diketahui:

1. Simple

Layanan ini hadir dengan konsep yang sangat simple. Seperti diketahui bahwa pelaporan pajak dan pembuatan bupot tidak pernah bisa dibilang mudah. Oleh sebab itu fitur bupot ini tidak akan hadir dalam bentuk atau tampilan yang rumit. Tentunya wajib pajak akan dimudahkan dengan tampilan yang simple dan mudah diakses dari fitur ini.

Melalui layanan bupot elektronik, wajib pajak diharapkan bisa mengikuti langkah demi langkah secara mudah. Tampilan yang simple akan membuat wajib pajak lebih mudah menjalani langkah-langkah tersebut. Dengan begitu proses pembuatan bupot pun bisa diselesaikan secara lancar.

2. Berbasis Elektronik

Layanan atau fitur bupot ini sepenuhnya berbasis elektronik atau digital. Pemasukkan data dilakukan secara digital begitu juga proses penyimpanan data, kecuali jika memang ingin dicetak. Selain itu, layanan bupot digital ini juga akan menggunakan tanda tangan elektronik. Artinya, tanda tangan tidak dibubuhkan langsung melainkan menggunakan perangkat teknologi.

3. Berbasis Website

Fitur e-bupot berkembang dengan basis website. Artinya, wajib pajak tidak perlu menggunakan aplikasi atau software khusus. Kelebihannya adalah fitur ini bisa diakses dengan mudah kapan saja tanpa perlu proses instalasi atau pemasangan terlebih dahulu.

Dengan menggunakan basis website, fitur bupot elektronik ini memungkinkan diakses melalui berbagai jenis perangkat. Wajib pajak bisa menggunakan perangkat mobile maupun perangkat komputer untuk melakukan pelaporan pajak dan pembuatan bupot. Pemakaian layanan juga tidak perlu menghabiskan memori banyak di perangkat karena tidak butuh instalasi.

4. Fleksibel

Layanan bupot elektronik ini diciptakan sebagai sebuah fitur yang fleksibel. Tujuan utama DJP menyediakan fitur bupot digital adalah untuk mempermudah para wajib pajak. Selain itu fitur ini juga akan menghemat waktu pengurusan pajak oleh para wajib pajak di berbagai wilayah.

Melalui layanan bupot digital, pengurusan pajak bisa jadi lebih fleksibel. Wajib pajak bisa melakukan pelaporan kapan saja dan dimana saja selama memungkinkan. Bahkan wajib pajak juga bisa meminta bantuan pihak lain yang terpercaya untuk melakukan pengisian data dalam pembuatan bukti potong tadi.

5. Akurat dan Aman

Jelas sekali bahwa fitur ini telah didesain secara akurat dan aman. Akurat artinya data-data yang dimasukkan akan dipastikan kebenarannya. Proses perekaman atau pencatatan data juga akan terjamin berjalan lebih akurat sehingga minim kesalahan. Hal ini akan sangat membantu para petugas pajak dalam melakukan rekap data.

Selain itu, fitur bupot elektronik juga tergolong aman. DJP sendiri memastikan bahwa fitur ini aman menyimpan semua data pribadi milik wajib pajak. Semua data akan digunakan sesuai dengan ketentuan hukum dalam kebutuhan pengelolaan pajak.

6. Unik

Satu hal menarik yang dimiliki oleh fitur bupot elektronik adalah layanan ini bersifat unik. Unik dalam arti bahwa layanan bisa diakses oleh siapa saja yakni semua wajib pajak di Indonesia. Akan tetapi setiap wajib pajak akan memiliki akun yang unik sesuai data yang diregistrasikan.

Keunikan setiap data wajib pajak akan ditunjukkan lewat adanya nomor. Proses penomoran bukti potong akan digeneralisasi oleh sistem. Per pemotong akan mendapatkan nomor yang unik untuk menjamin keamanan data dan kerahasiaan. Tentunya sifat unik ini akan menjamin kenyamanan para wajib pajak dalam menggunakan layanan ini.

Itulah tadi 6 karakteristik yang dimiliki oleh layanan atau fitur e-bupot. Layanan ini memang sangat mempermudah karena hadir di tengah zaman serba canggih seperti sekarang. Proses pembuatan bukti potong juga akan berjalan lebih cepat sesuai keinginan para wajib pajak. Selain itu semua proses pembuatan bukti potong elektronik ini akan diakui legal oleh pihak DJP.

Posting Komentar

0 Komentar