Lakukan 6 Rutinitas Ini untuk Hindari Gangguan Kesehatan Tulang di Hari Tua


Mengalami gangguan kesehatan tulang menjadi satu hal yang umum dialami oleh sebagian orang menginjak usia 50 tahun ke atas. Gangguan ini bisa dipengaruhi oleh sejumlah rutinitas buruk yang sebelumnya dilakukan tanpa disadari seperti malas berolahraga. Konsumsi suplemen atau vitamin tambahan bisa jadi langkah praktis untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini.

 
Hanya saja, tetap membutuhkan rutinitas penunjang dan menjauhi rutinitas buruk agar tidak mengalami gangguan tersebut saat di hari tua nanti. Sebenarnya rutinitas penunjang ini dekat sekali dengan rutinitas umum kita sehari-hari. Jadi untuk melakukannya cukup mudah. Asalkan didasari kemauan dan sikap konsisten.
 

Rutinitas yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ini dia beberapa rutinitas yang disarankan dalam menjaga tulang agar tetap sehat.
 

1. Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tulang agar tumbuh dengan sempurna ialah Vitamin D dan kalsium. Maka jika Anda ingin memiliki tulang yang selalu sehat, usahakan untuk memenuhi kebutuhan terhadap Vitamin D dan kalsium tersebut setiap hari.
 
Beberapa jenis makanan yang tinggi Vitamin D meliputi salmon, jamur, kuning telur, susu sapi, susu kedelai, dan sereal/oatmeal. Sementara makanan yang kaya akan kalsium di antaranya alpukat, gandum, susu, bayam, keju, pisang, dan masih banyak lagi.
 

2. Makan Lebih Banyak Sayuran

Agar tulang terus terjaga, makan lebih banyak sayuran bisa jadi bagian dari rutinitas. Sayuran mengandung banyak nutrisi yang mampu membantu pertumbuhan sel-sel pada tulang. Sayuran yang diolah dengan benar juga lebih sehat karena rendah lemak dan vitamin. Selain itu konsumsi sayuran secara rutin akan memperlancar pencernaan dalam tubuh.
 

3. Jangan Lupa Olahraga Rutin dan Bergerak Aktif

Rutinitas tidak kalah penting untuk menjaga kondisi tulang adalah olahraga rutin dan usahakan selalu bergerak aktif. Rutin berolahraga mampu meningkatkan kerja sistem metabolisme, membentuk dan memperkuat otot, serta melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh.
 
Anda bisa imbangi dengan konsumsi suplemen dari Pyfa Health untuk memaksimalkan kegiatan olahraga Anda dan menjadi supply nutrisi tambahan bagi kekuatan tulang dan otot.
 

4. Jauhi Rokok dan Alkohol

Jelas, merokok dan konsumsi alkohol memberi efek buruk terhadap kesehatan yang biasa akan terasa efeknya ketika memasuki usia lanjut. Selain tentu memiliki risiko buruk terhadap kesehatan tubuh, keduanya bisa mengganggu kesehatan pada tulang. Seperti menyebabkan tulang jadi rapuh dan memicu gangguan kesehatan berupa osteoporosis.
 

5. Hindari Posisi Tubuh Tertentu

Ada banyak posisi tubuh atau cara kita bergerak yang sering tidak disadari mampu menjadi penyebab gangguan kesehatan pada tulang. Seperti terbiasa membungkuk, mengangkat beban berat, duduk di posisi salah, dan banyak lagi. Anda bisa juga ikuti kelas olahraga atau terapi untuk melatih agar posisi tubuh bisa sesuai yang disarankan oleh ahli kesehatan.
 

6. Konsumsi Suplemen dan Vitamin Tambahan

Asupan baik asupan utama berupa makanan dan minuman sehari-hari, maupun asupan tambahan sejenis suplemen dan vitamin akan sangat mempengaruhi kondisi tulang Anda. Rutin konsumsi suplemen atau vitamin tambahan dengan fungsi utama menjaga kesehatan pada tulang, contohnya produk Pyfa Health yang diformulasikan khusus untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
 
Menjaga kesehatan tulang memang harus dilakukan sejak dini. Banyak sekali dari kita yang baru menyadari betapa pentingnya memperhatikan kondisi tulang saat sudah terserang gangguan kesehatan pada tulang yang bahkan tidak mudah lagi untuk disembuhkan.

Posting Komentar

0 Komentar