Perbedaan Tifus dengan Demam Berdarah

Perbedaan-Tifus-dengan-Demam-Berdarah

Saat mengalami demam tinggi dalam waktu yang cukup lama, maka ada dua penyakit yang bisa saja anda derita, keduanya yakni tifus dan DBD. Sepintas, dua penyakit tersebut terlihat mirip karena penderitanya sama-sama akan merasakan demam yang sangat tinggi dalam waktu lama. Hanya saja, pengobatan demam berdarah dan tifus berbeda sehingga Anda perlu mengetahui penyakit apa yang sebenarnya diderita. Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa perbedaan antara tifus dan demam berdarah 

Perbedaan Pola Demam 

Baik tifus maupun DBD sama-sama ditandai oleh demam tinggi kepada para penderitanya. Hal inilah yang seringkali membuat banyak orang terkecoh dan salah mendiagnosa. Ada yang mengganggap remeh demam yang diderita karena dianggap hanya tifus, namun ada pula yang mendiagnosa dirinya menderita demam berdarah hingga akhirnya memilih obat yang kurang tepat. 

Salah satu ciri untuk membedakan antara penyakit demam berdarah dengan tifus yakni berdasarkan pola demamnya. Pola dari gejala demam berdarah yakni demam tinggi yang berlangsung hingga sepanjang hari. Sementara itu, jika Anda menderita tifus, demam akan cenderung naik dan turun dengan memiliki pola tertentu. Pola ini bisa dilihat dalam satu hari, misal demam tinggi pada malam hari atau pagi hari saja selama beberapa hari. 

Masalah Pencernaan 

Gejala demam biasanya akan membuat penderitanya mengalami suhu tubuh tinggi diiringi oleh rasa pusing yang dahsyat dan mual secara bersamaan. Keduanya tampak serupa pada penderita tifus maupun demam berdarah. Hanya saja, masalah pencernaan yang dialami oleh penderita tifus dan demam berdarah cenderung agak sedikit berbeda. 

Penderita demam berdarah umumnya akan merasakan mual dan membuat proses penyerapan nutrisi berjalan tidak optimal. Padahal, dalam fase ini tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk melawan virus dengue yang menyerang tubuh kita. Sementara itu, pada penderita tifus masalah sistem pencernaan bukan sekadar mual dan muntah saja. Sebab, penderita tifus akan merasakan masalah saluran cerna yang lebih kompleks seperti sakit perut, diare, hingga sembelit. Jadi, Anda bisa membedakan dua penyakit tersebut berdasarkan masalah saluran pencernaan yang Anda derita. 

Demikian 2 perbedaan antara tifus dan demam berdarah yang perlu Anda pahami. Selalu perkaya pegetahuan Anda dengan info kesehatan terbaru dari Guesehat.com. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar