Panduan Dalam Mengoprasikan Genset

Panduan-Dalam-Mengoprasikan-Genset

Genset merupakan alat yang memberikan daya listrik pada saat terjadinya pemadaman listrik dari PLN. Dalam mengoperasikan genset tidak boleh sembarang dalam menggunakannya, perlu beberapa aturan supaya genset tetap aman.

Berikut adalah beberapa cara dalam menghidupkan genset.
  1. Cek kondisi bahan bakar yang digunakan oleh mesin genset apakah masih ada atau sudah habis.
  2. Mengecek bagian lainnya, seperti air radiator, air accu, oli mesin, kabel accu, dan kabel mesin. Pastikan apakah semuanya dalam keadaan baik-baik saja atau perlu tindakan perbaikan seperti penambahan air radiator atau mengganti kabel yang rusak.
  3. Membuka box panel lalu menyalakan dengan menekan/memindahkan tombol power dalam posisi on. Perlu diingat, bahwa untuk melakukan pemanasan terhadap genset kurang lebih sekitar 10 menit.
  4. Dalam rentang waktu 10 menit tersebut, Anda bisa kembali melakukan pengecekan terhadap komponen oil meter, battery charge, water temperature, volt meter AC, frequency meter dan hour counter meter, apakah terdapat masalah ketika mesin dinyalakan atau tidak.
  5. Setelah proses pemanasan selesai, barulah genset siap digunakan untuk memberikan daya listrik. Bila proses pemanasan belum selesai, tidak disarankan untuk langsung menggunakan genset untuk memberikan daya listrik. Hal ini untuk mencegah adanya kerusakan komponen genset dan membuat genset bisa menyala untuk jangka waktu yang cukup lama.

Tidak hanya cara untuk menghidupkan genset, penjelasan di bawah ini adalah cara yang tepat untuk mematikan genset.
  1. Setelah selesai menggunakan genset, jangan langsung mematikan genset.
  2. Pastikan semua komponen listrik sudah tidak tersambung dengan aliran daya listrik dari genset dan segera turunkan breaker lalu tunggu hingga 5 menit sebagai upaya untuk mendinginkan mesin genset yang panas karena telah seharian bekerja.
  3. Barulah Anda bisa mematikan mesin genset dan menempatkannya di tempat yang aman (tidak terkena panas, tidak terkena air, hindari udara yang lembab) agar tidak mudah rusak.
Penjelasan diatas merupakan beberapa panduan untuk menghidupkan serta mematikan genset sesuai dengan aturan yang ada, perlu diikuti agar genset tidak mudah rusak jika kita menghidupkan atau mematikan genset secara sembarangan. Untuk mengetahui rental genset cobalah kunjungi Tempat Sewa genset terbaik untuk mengetahui kelanjutannya.

Posting Komentar

0 Komentar