Cara Mengatasi Infeksi Kandung Kemih Secara Alami

Cara-Mengatasi-Infeksi-Kandung-Kemih-Secara-Alami
Sumber: ahlinyabenjolan.com
Infeksi kandung kemih bisa terjadi karena akibat adanya bakteri yang berasal dari luar tubuh yang masuk ke dalam tubuh dan kemudian tumbuh berkembang di dalam kandung kemih. Terjadinya infeksi pada kandung kemih ini bisa terjadi pada siapa pun baik pada laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, pada perempuan lebih sering terjadi jika dibandingkan pada laki-laki. 

Bakteri yang biasa menginfeksi kandung kemih ialah bakteri yang bernama escherichia coli atau dikenal dengan nama bakteri e.coli. bakteri tersebut yang memang sering berada di dalam usus besar. Bakteri mycoplasma dan klamidia adalah dua jenis bakteri yang juga dapat menginfeksi kandung kemih. Perbedaan antara bakteri klamidia dengan bakteri e.coli adalah tempatnya ditemukan beserta penyebab mengapa ada bakteri tersebut. Untuk e.coli memang seringnya ditemukan di dalam usus besar, sedangkan untuk bakteri klamidia adalah bakteri yang muncul karena penyakit seksual yang menular. 

Cara mengatasi infeksi kandung kemih secara alami ketika kamu masih merasakan gejala yang ringan dan apabila kamu tidak ingin diobati dengan medis. Berikut ini ulasannya menurut hellosehat.com. Yuk disimak informasi lebih lanjutnya! 

Air Putih 

Cara yang pertama mengatasi infeksi untuk saluran kandung kemih adalah dengan memperbanyak minum air putih. Karena seperti yang kita tahu bahwa dengan minum air putih benyak 8 sampai 10 gelas seharinya bisa membuat tubuh manusia lebih sehat dan terjaga dari serangan penyakit. Karena dengan banyaknya air yang diminum maka akan lebih banyak pula urine yang keluar, hal ini pun bisa membuat bakteri yang berada di dalam kandung kemih lebih cepat keluar. 

Selain harus memperbanyak minum air putih, untuk pengidap infeksi kandung kemih, harus menghindari minum-minuman yang memiliki warna serta tidak meminum minuman yang mengandung kafein. Contohnya teh, soda, dan kopi. Karena, kandungan kafein yang berada di dalam minuman akan membuat infeksi kandung kemih semakin parah. Tidak hanya yang mengandung kafein, tetapi juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol, minuman yang berasa manis dan asam. 

Tidak Menahan Saat Ingin Buang Air Kecil 

Cara mengatasi infeksi kandung kemih secara alami yang kedua adalah tidak menahan diri ketika ingin membuang air kecil. Maka dari itu, kamu harus tetap memperhatikan kapan saja kamu ingin buang air kecil. Karena saat kamu menahan diri untuk buang air kecil, bakteri yang menyebabkan infeksi kandung kemih akan semakin tumbuh berkembang. 

Tidak hanya itu, jika kamu adalah orang yang sudah menikah, buang air kecil setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan adalah hal yang wajib dilakukan agar bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh bisa langsung dikeluarkan. 

Memakai Kompres Panas 

Cara mengatasi infeksi kandung kemih secara alami selanjutnya adalah dengan memakai kompres panas. Kompres panas yang dimaksud di sini adalah sebuah bantal yang digunakan untuk pemanas yang biasa ditemukan di toko-toko alat kesehatan. Namun, untuk menggunakannya, kamu tidak boleh langsung membiarkan bantal panas untuk kontak langsung dengan kulit, kamu harus menyelimutinya dengan kain sehingga kulitmu tidak akan terbakar. 

Simpan bantal panas yang sudah diselimuti oleh kain ke daerah perut agar rasa sakit yang dialami saat kandung kemih terinfeksi berangsur-angsur menghilang. Gunakan selama kurang lebih 15 menit agar kamu kulitmu tidak terbakar ketika menggunakannya. Kamu bisa memakainya ketika kamu merasakan sakit pada perut. 

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi infeksi kandung kemih secara alami yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar