Tips Mengecek Freon Mobil Agar AC Tetap Dingin

Tips-Mengecek-Freon-Mobil-Agar-AC-Tetap-Dingindingin

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan oleh komponen freon yang mengalami kebocoran atau habis. Freon sendiri berfungsi memberikan hawa dingin yang bisa dinikmati semua penumpang mobil. Kalau Anda tidak sadar bahwa freon AC habis , bisa dipastikan kalau mobil kesayangan Anda tidak bisa menopang kenyamanan berkendara. Anda butuh jasa service mobil AC yang berkualitas dan terpercaya untuk mengatasi freon yang bocor atau habis. 

Tanda freon mobil mengalami kebocoran 

Bisa jadi freon AC mobil mengalami kebocoran atau berkurang yang menyebabkan masalah AC mobil tidak dingin. Freon AC bocor sebenarnya bisa memberikan hawa dingin, tetapi tidak benar-benar dingin. Anda bisa mengetahui bahwa freon AC mobil bocor dengan beberapa indikasi berikut ini. 
  1. Udara dingin yang disalurkan menurun atau tidak begitu dingin. 
  2. Muncul suara mendesis saat AC dinyalakan yang berlangsung terus menerus. 
  3. Saat berkendara pagi atau sore hari, Anda harus curiga freon AC mobil berkurang atau bocor karena tidak bisa memberikan hawa dingin yang maksimal. Jika kinerja AC masih sama atau terasa panas saat siang hari, bisa dikarenakan udara dalam kabin memang terasa panas sesuai dengan udara di luar mobil yang tak kalah panas. 
  4. Freon AC mengalami kebocoran bisa menunjukkan tanda hawa dingin hanya terjadi di sebelah kanan atau sebaliknya. 

Pengecekan AC mobil tidak dingin dikarenakan freon AC bocor bisa menyebabkan masalah lebih serius. Senyawa kimia pada freon yang mengalami kebocoran bisa menyebabkan masalah kesehatan antara lain pusing, mabuk dan berbau. Pada masalah lebih serius, senyawa kimia ini bisa menimbulkan dampak keracunan lho! Lakukan service AC mobil rutin untuk mengetahui freon AC bocor. 

Tanda Freon AC mobil habis 

Freon AC mobil yang habis juga harus Anda ganti sesegera mungkin agar tetap bisa memberikan hawa dingin. Fungsi AC yang tetap optimal adalah freon atau gas akan dialirkan oleh valve menuju evaporator sehingga udara dingin tetap terasa. Kalau freon AC habis dan tidak diganti segera mungkin, maka sistem AC mobil bakal rusak dalam kurun waktu tertentu. 

Ada beberapa tanda yang menunjukkan freon AC mobil habis berikut: 

  1. AC hanya mengeluarkan angin saja dan tidak terasa dingin. 
  2. Saat AC dinyalakan, kipas akan berputar tetapi mengalami perubahan naik atau turun dan hentakan kompresor tidak bisa bekerja. 
  3. Cek kondisi freon melalui filter AC saat mesin tengah menyala. 
  4. Jika freon terlihat bening, pertanda bahwa freon AC Anda masih ada. Sebaliknya freon mobil berbusa, pertanda bahwa freon AC habis dan wajib diganti secepatnya. 
  5. Cek kondisi lubang pengisian freon yang berbentuk mirip pentil ban. Buka penutup dan tekan atau tusuk menggunakan paku. Jika keluar semacam semburan gas, pertanda bahwa freon AC mobil Anda masih ada. 

Mengetahui tanda freon AC mobil habis di atas bisa Anda deteksi secara manual agar bisa melakukan pengisian ulang. Lakukan perawatan AC mobil dengan baik agar tidak terjadi kerusakan permanen pada AC mobil Anda. Biaya perbaikan bisa lebih mahal kalau Anda tidak melakukan perawatan dengan benar. 

Jika terdapat masalah pada freon AC Anda baik kebocoran atau habis, Anda bisa memanggil jasa service AC mobil yang profesional. Tenaga ahli akan mengatasi semua permasalahan AC mobil tidak dingin seperti service rutin agar AC mobil bisa berfungsi sebaik mungkin. Yuk, minimalisir semua kerusakan AC dengan perawatan sebaik mungkin!

Posting Komentar

0 Komentar