Tips Agar Terlihat Segar Memakai Up Pada Kulit Wajah Kering


Untuk orang yang type kulitnya kering, terkadang salah type atau salah langkah gunakan make up dapat membuat hasil riasan tidak tahan lama. Diluar itu, permasalahan seringkali yang muncul saat gunakan make-up ialah cracking. Riasan akan terlihat retak-retak sebab kulit yang kering, kasar, serta terkelupas. Yuk, turuti panduan gunakan make-up yang benar ini untuk kulit kering supaya awet selama seharian! 

Panduan paki make-up untuk yang punyai kulit muka kering 

1. Harus gunakan pelembap dahulu 

Pelembap salah satu skin care yang harus dipakai sebelum gunakan make up. Kulit muka wajah yang kering tidak bisa membuahkan cukup minyak alami untuk menghaluskan kulit. Jadi, pelembap benar-benar diperlukan untuk menolong melembapkan kulit. 

Menurut Elizabeth Tanzi, MD, seseorang dokter kulit kosmetik di Washington, D.C, khususnya penting buat pemilik kulit kering selalu untuk gunakan pelembap sebelum mulai merias muka. Foundation yang cair sekalinya tidak dapat gantikan peranan pelembap muka untuk menghidrasi kulit. 

Pilih pelembap untuk kulit kering yang teksturnya cream cukup kental. Tidak hanya pelembap, Anda dapat juga memakai serum yang memiliki kandungan asam hialuronat untuk meningkatkan kelembaban kulit. Serum dengan kandungan itu jaga kulit tidak terkelupas. 

Kulit yang lembap akan membuat riasan lebih awet serta tahan lama di muka. 

2. Pilih make up memiliki bahan basic cream atau liquid 

Untuk orang yang kulitnya kering harus pilih type make-up memiliki tekstur cair (liquid) atau cream (krim). Entahlah itu foundation (alas bedak), blush (perona bibir), bronzer, sampai eye shadow (pewarna mata) 

Mencari jugalah produk yang spesial dibikin untuk type kulit kering. Umumnya produk make-up untuk kulit muka kering akan dicap “for dry skin”. 

Jika ingin gunakan alas bedak tidak hanya foundation, Anda dapat gunakan BB krim (blemish blam atau beauty balm). BB krim tidak sekedar hanya meratakan warna kulit, dan juga memiliki kandungan pelembap yang baik untuk kulit kering, seperti asam hialuronat serta vitamin B. 

3. Gunakan busa untuk memulas foundation 

Umumnya wanita memakai jari untuk memulas foundation di mukanya. Sayangnya langkah gunakan make-up ini kurang pas untuk orang yang type kulit mukanya kering. Memulas alas bedak dengan jari malah rawan membuat cracking. 

Untuk menghindarkan ini, pakai busa (sponge) untuk membaur serta memulas semua jenis liquid make up. Basahi dahulu sponge dengan air supaya mengembang, selanjutnya peras kelebihan airnya. 

Penata rias dari Inggris, Wayne Goss, merekomendasikan Anda untuk menotol-notolkan dahulu foundation cair di sejumlah titik muka serta leher. Kemudian, pakai sponge make up yang lembap untuk meratakannya di semua muka. 

Pakai busa dengan pergerakan memantul, jangan digosok atau didesak, supaya produk make-up dapat terserap secara baik di kulit yang kering. 

4. Tidak harus gunakan bedak 

Penata rias asal Boston, Dana Chasen Thomases, diambil dari WebMD, memiliki pendapat orang yang type kulit mukanya kering tidak harus untuk gunakan bedak sesudah usai memulas make-up. Penggunaan bedak di kulit kering biasanya dapat beresiko cracking hingga make up tidak bertahan lama. 

Tetapi bila type kulit Anda condong mengkilap di zone T (dahi, hidung, serta dagu), Anda bisa memoles dikit bedak di ruang itu. Jika muka tidak berminyak benar-benar, semestinya tak perlu gunakan bedak. 

5. Teratur eksfoliasi muka 

Terkadang kulit yang kering akan mulai mengelupas beberapa saat setelah gunakan make up. Ini mungkin karena disebabkan terdapatnya penimbunan kulit mati. 

Untuk menangani ini, Anda dapat lakukan eksfoliasi muka gunakan scrub lembut. 

Menurut dr. Tanzi, orang dengan type kulit kering harus lakukan eksfoliasi untuk hilangkan susunan kulit mati. Sesudah eksfoliasi, Anda pun dianjurkan untuk melembapkan kulit dengan pelembap yang teksturnya cair.

Posting Komentar

0 Komentar