Mungkin 4 Hal Berikut yang Menyebabkan Flu Anda Tidak Kunjung Reda


Hidung berair serta terus bersin, tentu membuat Anda kerepotan. Anda butuh menyekanya dari tisu atau membersihkannya ke kamar mandi. Walau telah minum obat pilek, badan Anda tidak sembuh. Sebetulnya, apa yang mengakibatkan pilek yang Anda alami tidak segera pulih? 

Pemicu pilek tidak segera pulih 

Pilek memang umum berlangsung serta cukup gampang diobati. Anda dapat kembali sembuh dengan minum obat pilek yang dibeli di toko, memperbanyak minum air putih, serta beristirahat. Jika Anda telah lakukan hal itu, pilek masihlah berlangsung, Anda butuh curigai permasalahan kesehatan lain. 

Untuk tahu sebabnya dengan tentu, check kesehatan Anda ke dokter dengan berkunjung ke dokter spesialis THT (telinga, hidung, serta tenggorokan). Ada banyak permasalahan kesehatan lain yang mungkin mengakibatkan Anda terus pilek, misalnya: 

1. Alergi 

Tahukah Anda bila alergi menimbulkan tanda-tanda yang selintas seperti dengan pilek? Ya, ini dapat jadi pemicu mengapa pilek Anda tidak segera pulih. 

Gejalanya mencakup hidung berair (atau juga bisa terhalang), hidung berasa gatal hingga terus bersin, dan batuk. Walau gejalanya hampir serupa, pilek bisa sembuh sesaat alergi tidak. 

Orang dengan alergi, akan mempunyai penyakit ini selama hidupnya. Itu berarti, bila orang itu terkena alergen (zat pemicu alergi), gejalanya selalu ada. Gejalanya tidak hilang walau telah minum obat pilek. Hanya satu langkah memudahkan tanda-tanda dengan menghindarkan pemicunya. 

Daripada makanan, tanda-tanda yang mengganggu aliran pernafasan itu lebih ke arah pada alergi musiman (rhinitis alergi). Umumnya, pemicunya ialah jamur, debu, tungau, bulu binatang, atau serbuk bunga. 

2. Rhinitis non-alergi 

Tidak hanya alergi musiman, nyatanya sebagian orang dapat juga bereaksi dengan zat-zat iritan yang tidak didapati. Keadaan ini disebutkan dengan rhinitis non-alergi serta bisa mengakibatkan pilek yang berlangsung terus-terusan. 

Walau bagaimanapun, umumnya orang dengan keadaan ini akan bereaksi saat terkena asap, minyak wangi, bahan kimia rumah tangga, rokok, atau lateks. Bila tidak diobati, rhinitis non-alergi dapat juga mengakibatkan komplikasi, seperti sinus atau asma. 

3. Semprotan hidung 

Memakai semprotan hidung dapat melegakan pernafasan. Sayangnya, pemakaian periode panjang dapat jadi satu diantara pemicu pilek yang Anda alami tidak segera pulih. 

Semprotan hidung di jual bebas untuk menolong bersihkan hidung yang terhalang. Tetapi, semprotan hidung dengan kandungan oxymetazoline bisa mengakibatkan ketergantungan. Selanjutnya, akan jadi memperburuk tanda-tanda pilek. 

4. Obstruksi hidung serta infeksi sinus akut 

Keadaan ini merujuk pada penyumbatan (obstruksi) di hidung atau rongga hidung yang menghambat jalannya pernafasan. Sebabnya bermacam, seperti terdapatnya polip (pembesaran membran hidung), dinding hidung yang berbelok ke satu bagian, serta pembesaran turbinate (tulang panjang yang melengkung di hidung). 

Infeksi sinus atau sinusitis memunculkan tanda-tanda pilek dibarengi sakit berdenyut di seputar mata, dahi, serta hidung. Walau gejalanya bisa diringankan dengan penyembuhan flu, umumnya proses pemulihan badan akan berjalan lebih lama.

Posting Komentar

0 Komentar