Cegah Cedera Lutut ACL Dengan 4 Cara Berikut


Luka ACL adalah pengenduran terlalu berlebih atau robeknya anterior cruciate ligament (ACL) pada lutut. Orang yang aktif olahraga lebih beresiko alami luka ACL, tapi ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menahan keadaan ini. 

Berikut deretan langkah yang cukup efisien untuk menahan luka pada ACL alias ligamen lutut: 

1. Lakukan pemanasan serta pengenduran 

Tetap kerjakan pemanasan serta pengenduran sebelum Anda olahraga, bermain sepak bola, atau lakukan pekerjaan sejenisnya. Pemanasan berguna untuk tingkatkan saluran darah ke arah otot serta sendi. 

Selain itu, pengenduran mempunyai tujuan untuk merenggangkan otot badan hingga Anda dapat bergerak lebih bebas. Pusatkan pengenduran pada paha, lutut, pinggang, dan anggota badan lain yang merasa tegang. 

2. Lakukan pengenduran pada ke-2 bagian badan 

Satu diantara langkah penting untuk menahan luka ACL ialah jaga kesetimbangan bagian kiri serta kanan badan Anda. Masalahnya luka ACL bisa berlangsung sebab satu diantara bagian badan memperoleh beban yang lebih berat. 

Mencuplik situs Johns Hopkins Medicine, ketidaksamaan beban walau cuma dikit antara ke-2 bagian badan saja cukup sudah untuk mengakibatkan luka. Jadi, yakinkan Anda lakukan pengenduran yang imbang pada bagian kiri serta kanan. 

3. Menguatkan otot pokok badan 

Banyak orang yang memaksa potensi tubuhnya waktu olahraga. Walau sebenarnya, rutinitas ini tidak menguatkan otot, justru membuat otot meregang serta tingkatkan efek terkilir. 

Anda malah butuh menguatkan otot pokok badan, contohnya dengan pergerakan simpel seperti abdominal crunch serta plank. Bila otot pokok badan Anda kuat, beban pada lutut akan menyusut. 

4. Berlatih memakai otot yang pas waktu olahraga 

Latihan yang pas benar-benar bermanfaat untuk menahan luka ACL. Berikut beberapa pergerakan yang butuh Anda latih: 
  • Melonjak serta datang dengan aman. Anda selalu harus datang memakai telapak kaki dengan lutut menghadap ke depan, dada tegap, serta pantat ke belakang. 
  • Waktu lakukan pergerakan pivot, mengakhiri dengan tempat hampir merayap. Tekuk pinggang serta ke-2 lutut untuk kurangi beban pada lutut. 
  • Latihan untuk menguatkan otot hamstring pada paha dan otot kaki. Latihan ini berguna untuk tingkatkan potensi kesetimbangan. 

Siapa juga sebetulnya dapat menahan luka ACL dengan lakukan tehnik olahraga yang benar serta menghindarkan pergerakan tiba-tiba yang memberatkan lutut. Janganlah lupa menguatkan otot-otot Anda serta lakukan pemanasan sebelum olahraga. 

Berlatihlah sampai Anda terlatih memakai otot yang pas dalam tiap type olahraga. Dengan demikian, Anda bisa olahraga tanpa ada butuh cemas akan efek luka.

Posting Komentar

0 Komentar