9 Tips Sebelum Membeli Hp Bekas


Beberapa orang merasakan lebih aman saat beli smartphone baru. Beberapa yang lain merasakan lebih untung saat beli smartphone sisa (second). Beli smartphone baru membutuhkan dana semakin banyak, tetapi lebih minim efek. Sedang beli smartphone sisa dapat lebih irit serta memberikan keuntungan, seandainya ikuti tips di bawah ini. 

1. Check kelengkapannya 

Kami lebih merekomendasikan Anda untuk beli smartphone sisa dengan keadaan komplet. Berarti, smartphone yang Anda beli masih mempunyai boks, manual, kartu garansi, serta aksesories yang lain. Tidak hanya memuaskan tertentu, Anda pun tidak butuh ribet beli aksesories penambahan bila ada aksesories yang tidak komplet. 

Janganlah lupa untuk menyamakan serial number smartphone dengan serial number yang tercantum pada boksnya. Ini untuk pastikan boks itu ialah boks asli dari smartphone yang akan Anda beli. Smartphone sisa yang masih mempunyai kelengkapan original pasti semakin lebih memberikan keyakinan serta memberi kepuasan kan? 

2. Check body serta tombol smartphone 

Mengecek keadaan fisik smartphone dapat dikerjakan siapa juga tanpa ada membutuhkan ketrampilan spesial. Yang penting, kerjakan dengan jeli serta cermat. Bila Anda ialah orang yang perfeksionis, lecet sekecil apapun pada smartphone akan melunturkan kemauan Anda untuk membelinya. 

Bila ada lecet di bagian tersendiri seperti penutup casing contohnya, Anda masih dapat menggantinya dengan beli penutup casing baru. Tetapi spesial smartphone dengan design unibody seperti iPhone contohnya, jangan kompromi pada lecet. Masalahnya ongkos pergantian bodynya benar-benar mahal, di atas Rp500 ribu. Diluar itu, yakinkan semua tombol pada smartphone bisa berperan dengan normal. 

3. Check keadaan monitor 

Sesudah pastikan keadaan fisiknya, teruskan kontrol pada bagian monitor. Monitor smartphone ialah sisi yang cukup seringkali alami lecet walau mempunyai pelindung Gorilla Glass sekali juga. Karena itu, yakinkan layarnya mulus tanpa guratan. 

Anda pun harus pastikan monitor smartphone yang akan Anda beli tidak alami dead piksel. Triknya yaitu dengan mengoptimalkan tingkat brightness, lalu membuka gambar dengan warna polos seperti hitam, putih, kuning, biru, hijau, serta merah. 

Waktu tampilkan gambar polos dengan ke enam type warna itu, yakinkan Anda tidak temukan titik kecil (dead piksel) yang tampilkan warna berlainan. Tidak hanya mengecek dengan manual, Anda dapat mengeceknya dengan pertolongan aplikasi seperti Dead Piksel Test. 

Paling akhir, check responsivitas monitor dalam terima sentuhan. Aplikasi sepertiMultiTouch Tester atau Multitouch Test dapat menolong Anda mengerjakannya. Kedua-duanya ada gratis di Google Play. 

4. Check suara speaker 

Tiap smartphone mempunyai dua type speaker, yaitu speaker untuk dengarkan musik serta speaker untuk menelepon. Yakinkan ke-2 speaker itu bisa keluarkan suara dengan jelas serta normal. 

5. Check konektivitas 

Beberapa konektivitas yang harus Anda check ialah Bluetooth, WiFi, serta NFC. Mengetes Bluetooth dapat lewat cara lakukan pairing atau kirim gambar. Mengecek WiFi dapat memakainya untuk masuk ke jaringan WiFi tersendiri. Bila ingin praktis, pakai aplikasi Trigger yang ada gratis di Google Play. 

6. Check port serta slot yang ada 

Check peranan dari semua port serta slot yang ada pada smartphone, yakni port charger, jack audio, slot SIM card, serta slot microSD. Ini penting dikerjakan, khususnya bila smartphone yang Anda beli ialah smartphone anti air yang mungkin sudah pernah dibawa “bermain air” oleh pemilik lamanya hingga lebih rawan rusak. 

7. Check camera 

Bagaimanakah cara mengecek peranan camera pada smartphone? Tidak hanya mengeceknya dengan memphoto serta lihat hasil jepretannya, Anda pun harus pastikan jika camera smartphone yang akan Anda beli dapat tampilkan warna dengan normal. Triknya yaitu dengan memphoto object berwarna hitam pekat. 

Anda dapat tutup lensa camera dengan tangan, lalu lihat di monitor smartphone apa warna yang dipertunjukkan sesuai yang semestinya, yaitu hitam pekat atau malah tampilkan warna ungu yang berarti camera tidak normal. Janganlah lupa juga untuk mengecek feature autofocus camera serta lampu flash. 

8. Check keadaan baterei 

Baterei pada smartphone mempunyai usia penggunaan serta pengisian. Umumnya, baterei smartphone direncanakan untuk dapat melalui proses pengisian daya sampai 1.000x. Bila Anda isi baterei satu hari sekali, asumsinya baterei itu dapat berperan normal sampai 1.000 hari atau kira-kira tiga tahun. 

Mengecek baterei dapat dikerjakan dengan lakukan pengisian daya. Sedang untuk mengecek ketahanan baterei serta pastikan baterei tidak bocor, Anda butuh mengecek status kesehatan baterei. Triknya yaitu membuka aplikasi telephone, masukan gabungan kode serta angka *#*#4636#*#* lalu pilih menu Baterai informasi. 

9. Meminta garansi personal 

Bila sangat mungkin, sebaiknya jika Anda minta kesanggupan si penjual untuk memberi garansi personal, sekurang-kurangnya sepanjang tiga hari untuk pastikan semua peranan smartphone bisa berjalan dengan normal. Jangan sangsi untuk minta garansi personal dari si penjual, khususnya jika waktu garansi dari smartphone yang Anda beli telah habis. 

Posting Komentar

0 Komentar